Ryan Gilang Pratama
Kelas 1C
2103015130
Jaringan Komputer
Pengantar
Komunikasi awalnya bergantung pada transportasi: jalan antar kota, antarprovinsi/negara bagian kemudian antar negara/benua. Kemudian komunikasidapat terjadi jarak jauh melalui telegraf (1844), telepon (1867), gelombang radioelektromagnetik (1889), radio komersial (1906), televisi broadcast (1931),kemudian melalui televisi, dunia jadi lebih kecil karena orang dapat mengetahuidan mendapatkan informasi tentang yang terjadi di bagian lain dunia ini.
Dalam telekomunikasi, informasi disampaikan melalui sinyal. Sinyal ada duamacam:
1. Digital: secara spesifik mengacu pada informasi yang diwakili oleh dua keadaan 0 atau 1. Data digital dikirimkan dengan diwakili dua kondisi sajayaitu 0 dan 1.
2. Analog: sinyal yang terus menerus dengan variasi kekuatan dan kualitas.Misalnya suara, cahaya dan suhu yang dapat berubah-ubah kekuatannya dan kualitasnya. Data analog dikirimkan dalam bentuk yang berkelanjutan, sinyal elektrik berkelanjutan dalam bentuk gelombang.
Tujuan Jaringan Komputer
- Resource sharing/ berbagi sesumber: seluruh program, peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai. Misalnya: Staff BIRO Akademik mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print out dengan langsung mencetaknya di printerperpustakaan dari komputer di BIRO akademik. Atau sebaliknya staffperpustakaan mendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staff BIRO akademik.
- High reliability/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan. Misalnya pada aplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesin tidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karena mesin lain mempunyai sumber yang sama.
- Menghemat uang: membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client. Bentuk ini disebut Client-server.
- Scalability/ skalabilitas: meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu.
- Medium komunikasi: memungkinkan kerjasama antar orang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi.
- Akses informasi luas: dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh.
- Komunikasi orang-ke-orang: digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang yang lain.
- Hiburan Interaktif
Pengaruh Jaringan Dalam Kehidupan Sehari-hari
- Memeriksa kondisi cuaca ataupun meramalkan keadaan cuaca di kemudian hari
- Menampilkan video mengenai keadaan lalu lintas yang terjadi di saat tersebut
- Memeriksa saldo di bank dan membayar tagihan secara online.
- Mengirim dan menerima e-mail, melakukan internet phone call.
- Mendapatkan informasi kesehatan dan nasihat dari experts di seluruh dunia, dan membagikan ke forum mengenai informasi kesehatan dan health treatment ke forum.
- Memposting dan membagikan photo, video dan pengalaman dengan teman atau dengan seluruh dunia.
- Keberadaan dan adopsi teknologi internet membentuk sebuah bentuk baru dalam cara berkomunikasi
- Instant messaging
- Komunikasi secara Real time antara dua orang atau lebih melalui metode typed text
- Weblogs (Blogs)
- Kebanyakan digunakan untuk mengekspresikan sesuatu secara online, share foto dan join ke dalam sebuah komunitas
- Wikis
- Podcasting
- Collaboration Tools
Pengaruh Jaringan Terhadap Cara Belajar
- Current and accurate training materials.
- Availability of training to a wide audience.
- Consistent quality of instruction.
- Cost reduction
- E-learning
Pengaruh Jaringan Terhadap Cara Bekerja
- Dulu, data jaringan untuk operasi bisnis hanya digunakan
- informasi finansial internal, informasi kustomer dan sistem penggajian pegawai.
- Sekarang, bisa meliputi
- e-mail, video, messaging, and telephony.
PRINSIP KERJA JARINGAN KOMPUTER
- Identifikasi terhadap pengirim dan penerima pesan
- Persetujuan terhadap metode yang digunakan (face-to-face, telephone, letter, photograph)
- Bahasa yang akan digunakan
- Kecepatan dan waktu pengiriman
- Konfirmasi terhadap pesan yang diterima
Komunikasi Melalui Jaringan
- Aturan bagaimana pesan itu dikirim, diarahkan, diterima dan ditafsirkan
- Format pesan atau unit informasi yang berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya
- Medium yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan
- Perangkat dalam jaringan yang digunakan untuk bertukar pesan
Konvergensi Jaringan
Struktur Jaringan Komputer
Perencanaan Jaringan Komputer
- perangkat-perangkat yang digunakan,
- cara kerja perangkat tersebut,
- Bagaimana teknik penggunaan yang tepat
Struktur Jaringan Komputer
- End device
- Computers (work stations, laptops, file servers, web servers), Network printers,VoIP phones, Security cameras, Mobile handheld devices (such as wireless barcode scanners, PDAs)
- Intermediary devices
- Network Access Devices (Hubs, switches, and wireless access points), Internetworking Devices (routers), Communication Servers and Modems, Security Devices (firewalls)
- Services
- HTTP, FTP, Telnet
- Medium
- Kabel, Wireless, dll
Router, Switch and Hub
Klasifikasi Jaringan Komputer
- Berdasarkan Letak Geografisnya
- LAN, WAN, Internet
- Model komunikasi
- Client-Server, Peer to Peer (P2P)
- Topologi
- Bus, Star, Ring, Mesh
Local Area Networks (LANs)
- Sebuah jaringan komputer yang menjangkau satu area geografis
- Menyediakan servis dan aplikasi kepada seseorang dalam suatu struktur organisasi yang sama
- Sebuah LAN biasanya di administrasikan oleh satu pengelola
Wide Area Networks (WANs)
- Dimana bagian dari sebuah perusahaan atau organisasi dipisahkan oleh area geografis yang cukup jauh.
- Dibutuhkan sebuah telecommunications service provider (TSP) untuk menghubungkan beberapa LAN di beberapa lokasi yang berbeda
- WAN membutuhkan peralatan khusus untuk dapat mengintegrasikan beberapa Jaringan komputer lokal
- Dikarenakan pentingnya peralatan ini, dibutuhkan ketrampilan khusus untuk konfigurasi, instalasi dan maintenance peralatan tersebut
Client Server Model
- Sebuah server biasanya sebuah komputer berisi informasi yang dibagikan dengan banyak klien sistem. Contoh:
- Web pages, documents, databases, pictures, video, and audio files
- Network printer, the print server delivers the client print requests to the specified printer.
- Kebanyakan tipe server membutuhkan layanan keamanan klien agar dapat diakses, contoh:
- autentikasi akun user
Peer to Peer Model
- Topologi jaringan menjelaskan bagaimana layout atau gambaran dari sebuah jaringan.
- Menunjukan bagaimana perangkat jaringan saling terkoneksi.
- Perangkat dalam jaringan disebut dengan “nodes”
Logical Topology
- Keuntungan
- Menggunakan kabel lebih sedikit dan bekerja secara baik dalam lingkup jaringan yang kecil
- Tidak memerlukan perangkat central seperti hub, switch, atau router
- Kelamahan
- Acces lebih lambat dan pengurangan bandwidth dikarenakan berbagi pemakaian jalur media
- Kerusakan pada titik dimanapun dapat menyebabkan seluruh jaringan mati
- Membutuhkan perangkat yang disebut Terminator
Star Topology
- Keuntungan
- Throughput lebih baik daripada topologi sebelumnya
- Troubleshooting relatif lebih mudah
- Kelemahan
- Dibutuhkan biaya tambahan dikarenakan pengadaan alat yang digunakan sebagai central point jaringan
Ring Topology
- Karakteristik
- Dengan single ring, seluruh perangkat dapat berkomunikasi dengan membagi media jaringan tunggal dan bergerak satu arah
- Dengan dual ring, seluruh perangkat dapat berkomunikasi dan bergerak dua arah (membuat redudancy dan fault tolerance)
Mesh Topology
- Keuntungan
- Topologi Mesh mengkoneksikan seluruh nodes dengan fungsi redundancy dan fault tolerance.
- Digunakan di arsitektur wide-area networks (WANs) untuk menghubungkan LAN dan juga untuk jaringan vital.
- Kelemahan
- Topologi ini jauh lebih mahal dan susah untuk diimplementasikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar